Kali ini saya akan bahas tentang MUD dan MUSH, disini kita bukan bahas tentang Lumpur dan Bubur akan tetapi tentang sebuah aplikasi / software yang berhubungan dengan penggunaan secara bersamaan, oke kita mulai saja dari pada kebanyakan pembukaan.
MUD ( Multi User Dimensi/Domain )
Sebuah MUD (awalnya Multi-User Dungeon, dengan varian kemudian Multi-User Dimensi dan Multi-User Domain), adalah sebuah dunia maya multiplayer real-time digambarkan dalam teks. MUDs menggabungkan unsur-unsur role-playing game, hack dan garis miring, player versus player, fiksi interaktif, dan online chat. Pemain dapat membaca atau melihat deskripsi ruangan, benda, pemain lain, karakter non-pemain, dan tindakan yang dilakukan di dunia maya. Pemain biasanya berinteraksi satu sama lain dan dunia dengan mengetik perintah yang mirip bahasa alami.
MUDs Tradisional menerapkan permainan komputer role-playing diatur dalam dunia fantasi dihuni oleh ras fiksi dan monster, dengan pemain yang dapat memilih dari beberapa kelas untuk memperoleh keterampilan tertentu atau kekuasaan. Objek semacam ini permainan adalah untuk membunuh monster, menjelajahi sebuah dunia fantasi, quests lengkap, terus petualangan, membuat cerita dengan Roleplaying, dan memajukan karakter dibuat. Banyak MUDs kuno sekitar aturan dadu-rolling dari seri Dungeons & Dragons permainan.
Fantasi pengaturan tersebut untuk MUDs yang umum, sementara banyak orang lain memiliki setting fiksi ilmiah atau didasarkan pada buku populer, film, animasi, sejarah, dan sebagainya. Tidak semua MUDs adalah permainan, beberapa dirancang untuk tujuan pendidikan, sementara yang lain adalah murni chatting lingkungan, dan sifat fleksibel server MUD banyak mengarah pada penggunaan sesekali mereka di bidang mulai dari penelitian ilmu komputer untuk geoinformatics untuk informatika kesehatan MUDs telah menarik minat ulama akademik dari berbagai bidang, termasuk komunikasi, sosiologi, hukum, dan ekonomi. Pada suatu waktu, ada kepentingan dari militer Amerika Serikat yang menggunakan mereka untuk telekonferensi.
Kebanyakan MUD dijalankan sebagai hobi dan bebas untuk pemain, beberapa dapat menerima sumbangan atau memungkinkan pemain untuk membeli barang virtual, sementara yang lain mengenakan biaya berlangganan bulanan. MUD dapat diakses melalui klien telnet standar, atau klien MUD khusus yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Banyak game tercatat di berbagai web portal, seperti The Konektor Lumpur.
Sejarah modern Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG) seperti World of Warcraft, dan terkait genre dunia maya seperti dunia maya sosial yang dicontohkan oleh Second Life, jejak langsung kembali ke genre MUD. Memang , sebelum penemuan istilah MMORPG, permainan gaya ini hanya disebut MUDs grafis. Sejumlah desainer MMORPG berpengaruh, seperti Raph Koster, Brad McQuaid, Matt Firor, Mark Jacobs, Brian Green, dan J. Todd Coleman, mulai sebagai pengembang MUD dan / atau pemain.
MUSH ( Multi User Shared Halusinasion )
Sebuah MUSH (umumnya disebut Multi-User Shared Halusinasi , meskipun mungkin kepanjanganya juga dapat berdiri untuk Multi-User Shared Hack , Habitat, atau Holodeck) adalah teks -media sosial berbasis online yang tersambung beberapa pengguna pada saat yang sama. MUSHes sering digunakan untuk hubungan sosial online dan game role-playing, meskipun bentuk pertama BUBUR tidak tampaknya dikodekan secara khusus untuk melaksanakan kegiatan game . Hari ini dua varian MUSH adalah keturunan dari TinyMUD, yang pada dasarnya permainan sosial.
MUSH telah berkembang selama bertahun-tahun dan kini ada varietas yang berbeda dengan fitur yang berbeda, meskipun sebagian besar memiliki kesamaan yang kuat dan orang yang fasih dalam pengkodean satu varietas dapat beralih ke coding untuk yang lain dengan hanya sedikit usaha . Kode sumber untuk server MUSH paling banyak digunakan adalah open source dan tersedia dari pengelola saat ini .
Sebuah fitur utama codebases MUSH yang cenderung membedakannya dari lingkungan multi-user lain adalah kemampuan, secara default, dari setiap pemain untuk memperpanjang dunia dengan menciptakan ruang baru atau objek dan menetapkan perilaku mereka dalam bahasa internal script MUSH . Lain adalah kurangnya standar pemain banyak atau hierarki administrasi yang dikenakan oleh server itu sendiri. Selama bertahun-tahun, kedua sifat-sifat ini telah menjadi kurang menonjol, sebagai administrator server banyak memilih untuk menghilangkan atau sangat membatasi pemain-bangunan dikontrol, dan beberapa permainan memiliki sistem kode kustom untuk mengembalikan lebih dari sistem hirarki.
Bahasa pemrograman untuk MUSH, biasanya disebut sebagai "MUSHcode" atau "softcode" (untuk membedakannya dari "hardcode" - bahasa yang server MUSH sendiri ditulis) dikembangkan oleh Larry Foard. TinyMUSH memulai hidup sebagai satu set perangkat tambahan untuk kode TinyMUD asli. "MUSHcode" mirip dalam sintaks untuk Lisp. kustomisasi Sebagian besar dilakukan dalam "softcode" bukan dengan langsung memodifikasi
0 Response to "MUD dan MUSH bukan Lumpur dan Bubur"
Post a Comment